Apa yang Memotivasi Orang Membeli Buku? - Bambang Trim

ADMIN SASTRAMEDIA 7/06/2019
oleh Bambang Trim

Apa yang Memotivasi Orang Membeli Buku?
SASTRAMEDIA.COM - Thomas Woll (2002) menegaskan kembali bahwa dua jawaban teratas mengapa seseorang mau membeli buku adalah subjek/topik buku dan reputasi menulis buku. Menurut 1996 Consumer Research Study on Book Publishing yang disponsori American Booksellers Association and Book Industry Studi Group, di hampir semua tempat konsumen dapat membeli buku (toko buku besar, toko buku kecil, toko buku diskon, dan sebagainya) bahwa faktor terbesar yang menghasilkan keputusan seseorang membeli buku adalah subjek dan reputasi penulis. Berikut persentasenya:


  • lebih dari 44% orang dewasa mendasarkan keputusan membeli karena subjek buku dan 24% karena reputasi penulis;
  • hanya 2% yang berpikir bahwa harga sangat penting: 
  • 2% lagi berpikir desain kover dan endorsement sangat penting; 
  • kurang dari 1% berpikir memiliki buku yang berada dalam daftar best seller itu penting.
Menariknya, survey serupa kemudian dilakukan pada 1999 dengan menghapus pilihan dua alasan teratas tadi. Hasilnya, 13% memilih desain kover sebagai faktor yang kuat memengaruhi dan 12,8% memilih harga. Namun, pemilih terbesar adalah yang memilih 'lain-lain' sebagai faktor terkuat. Dengan demikian, asumsi mereka menyatakan subjek dan reputasi penulis adalah yang utama mungkin saja terdapat di dalam pilihan 'lain-lain' tadi. Studi lain yang menarik dilakukan American Book Buyers Studi pada September 1997 yang disponsori majalah Publisher Weekly dan Book Industry Studi Group memperlihatkan hasil berikut:
  • 59% dari grup yang disurvei telah merencanakan membeli buku judul tertentu sebelum mereka pergi ke toko; 
  • 40% membeli karena ada dorongan saat di toko (impulse buyer): 
  • 63% dari grup yang disurvei menyatakan bahwa daftar buku best seller memberi pengaruh kecil bagi keputusan mereka membeli buku; 
  • Hanya 23% yang menyatakan jaket buku atau cover buku penting memengaruhi mereka; 
  • 66% berpikir bahwa informasi dan blurb (wara) di flap (lidah buku) dan kover belakang buku itu penting.
Survei ini memberi jawaban bagi Bagian Pemasaran maupun Bagian Editorial bahwa sangatlah penting menemukan topik yang sedang dibutuhkan atau diminati banyak orang plus menemukan penulis yang bereputasi untuk itu. Jangan membuang-buang waktu Anda untuk sesuatu yang hanya memberikan dampak minimal terhadap penjualan buku.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »