Dari Sunyi Ke Bunyi - Hartojo Andangdjaja

ADMIN SASTRAMEDIA 7/29/2019


Judul: Dari Sunyi Ke Bunyi (Kumputan Esai tentang Puisi)
Penulis: Hartojo Andangdjaja
Terbit pertama kali pada 1992 oleh PT Pustaka Utama Grafiti
Cetakan I, Maret 1992
Cetakan II (Edisi Khusus), November 1996
Cetakan III (Edisi Khusus), Agustus 2003
Perancang Sampul: Selo Sumarsono
Editor Naskah: Eko Endarmoko
Kata Pengantar: Goenawan Mohamad
xii, 162 hal; 21 em.
ISBN 979-444-153-8

Penerbitan buku ini terutama sekali dimaksudkan untuk menyediakan bahan yang berisikan ide-ide puitik Hartojo Andangdjaja sebagai sosok yang cukup berpengaruh dalam sastra Indonesia modern. Pembicaraan Hartojo dalam kumpulan tulisannya ini cenderung lebih bersifat apresiatif daripada teoretis. Kesemuanya menyangkut puisi, baik dari segi tematik maupun bentuk pengucapan. Selain membicarakan karya-karya para penyair dari dalam dan luar negeri, Hartojo juga memperbincangkan beberapa sajaknya sendiri.

Seperti disarankan oleh judulnya, buku ini menghimpun delapan belas esai Hartojo yang sebagian besar pernah dimuat secara terpisah di berbagai media massa. Di dalam buku ini, esai-esai Hartojo tersebut kemudian kami sajikan dengan pemilahan yang kami buat berdasarkan isi pembicaraan esai-esai yang bersangkutan.

Sumber karangan yang kami sertakan pula dalam buku ini sebenarnya kami maksudkan agar dapat dimanfaatkan oleh mereka yang ingin melakukan penelitian lebih lanjut.

Catatan mengenai sumber karangan itu kami peroleh dari Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) H.B. Jassin, Jakarta, dan putra Hartojo Andangdjaja, Haris Widjajanto, yang sekarang tinggal di Solo. Untuk itu, sudah sepantasnya kalau di sini kami mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang bersangkutan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »