Pendahuluan: Membina Kesusastraan Indonesia Modern - MS Hutagalung

ADMIN SASTRAMEDIA 4/14/2020
Pendahuluan: Membina Kesusastraan Indonesia Modern
oleh MS Hutagalung



SASTRAMEDIA.COM - Sebagai orang yang telah memilih lapangan kesusasteraan, terutama bidang penelitian sebagai lapangan hidup utama, penulis telah banyak mengutarakan pendapat dan gagasan-gagasan melalui karangan-karangan yang kebanyakan tersebar di pelbagai koran dan majalah di ibukota maupun di daerah. Pengumpulan-kembali karangan-karangan yang tersebar itu terasa ada manfaatnya bagi penulis sendiri maupun umum. Penulis telah cukup lama terjun di lapangan dan kini setelah kira-kira lima belas tahun, ingin melihat apa yang telah diperbuat dan apa yang tidak diperbuat selama ini. Penulis merasakan bahwa dengan melihat semua karyanya terkumpul dengan baik, akan lebih mudah baginya menilai diri dan mencoba lebih meningkatkan diri pada periode yang dihadapi. 

Di lapangan kritik dan esai, masih tetap terasa kurangnya karya bila dibandingkan dengan karya kreatif yang ada. Oleh karena itu, pengumpulan kritik dan esai dari seseorang yang tak begitu terputus-putus memperhatikan kesusasteraan rasanya bermanfaat. Ternyata karangan-karangan penulis cukup banyak, terlalu tebal untuk dijadikan satu jilid. Semula penulis ingin menyusun karangan secara kronologis, tetapi karena keinginan penerbit yang berminat kurang sesuai, penulis akan mencoba menyatukan karangan-karangan itu menurut tema atau bidang yang dibicarakan. Yang berhasil penulis kumpulkan barulah kumpulan ini, yang memusatkan tema pada pengembangan kesusastraan, kesusastraan Indonesia modern. 

Kita mengetahui betapa luasnya tema ini, di dalamnya termasuk masalah penelitian, masalah kreativitas, pengajaran, penerbitan, dan lain-lain. Karangan yang membahas hal-hal tersebutlah yang penulis kumpulkan dalam buku ini. Kritik langsung atas buku kumpulan sajak ataupun prosa dikumpulkan dalam jilid lain. 

Sebagai karangan yang ditulis dalam pelbagai waktu dan situasi, tentu saja pengulangan maupun ketidakkonsistenan tak dapat dihindari. Hal itulah yang menjadi alasan utama yang menyebabkan penulis berusaha memperbaiki, mengubah dari aslinya walaupun dilakukan setipis mungkin. Lagi pula maksud penulis bukanlah terutama menunjukkan segi kesejarahan dari tulisan-tulisan ini, melainkan untuk menawarkan isinya kepada umum. Jadi, penulis mengutamakan ide-ide yang terkandung di dalamnya. Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada penerbit yang telah sudi menyelenggarakan penerbitan ini. 

Penulis mengucapkan terima kasih kepada Bapak Dr. H.B. Jassin saja penulis anggap sebagai pembimbing penulis sampai sekarang ini, melainkan juga sebagai dokumentator sastra Indonesia, yang telah dapat menemukan kembali beberapa karangan penulis yang pada penulis sendiri tak tersimpan. Juga penulis mengucapkan terima kasih pada koran-koran dan majalah-majalah yang sudah terlebih dahulu memuat karangan-karangan dalam kumpulan ini seperti Kompas, Sinar Harapan, Sinar Indonesia Baru, Suara Karya, Budaya Jaya, dan Komunikasi. 

Semoga tulisan dalam buku ini menemui sasarannya. 

Jakarta, September 1987 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »