Sofyan RH. Zaid

@kontributor 11/17/2021


Sofyan RH. Zaid, lahir di Sumenep, 08 Januari 1986. Alumnus Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa Raya, Guluk-guluk, Sumenep dan Falsafah dan Agama Universitas Paramadina, Jakarta.

Puisi-puisinya telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, seperti Inggris, Arab, dan Italia, serta dimuat dalam buku Oikos Poeti Per Il Futuro (Mimesis Classici Contro, Milano, Italia, 2020).

Selain kerap diundang menjadi pembicara di berbagai acara sastra, dia juga termasuk salah seorang tim ahli Penilaian Karya Sastra Unggulan untuk SMA sederajat yang digelar oleh Badan Standar Nasional Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tahun 2019.

Karya-karyanya terbit di sejumlah media massa cetak dan daring, seperti Media Indonesia, Jawa Pos, Bali Post, Indopos, Seputar Indonesia, Padang Ekspres, Pikiran Rakyat, Riau Pos, Solopos, Merapi, Suara NTB, Banjarmasin Post, Metro Jambi, Minggu Pagi, Horison, Annida, Basabasi.co, Bacapetra.co, dan lainnya.

Puisi dan esainya juga dimuat dalam berbagai buku antologi sastra bersama. Buku puisi tunggalnya Pagar Kenabian (2015) sebagai pioner penulisan ‘puisi pagar’ di Indonesia, masuk 15 nominasi Anugerah Hari Puisi Indonesia tahun 2015. Sementara itu, buku esainya yang telah terbit, Kaidah Puisi dan Akidah Kepenyairan (2022).

Kini tinggal di Bekasi sebagai editor, founder dan CEO Taretan Sedaya International Group yang bergerak di bidang trading, supplier, printing, publishing, dan packaging. Dia juga tercatat sebagai koordinator bidang kompetensi dan publikasi Jagat Sastra Milenia, dan Pemimpin Redaksi sekaligus redaktur jurnal sastra milenial, sastramedia.com.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »